2 Kapal Induk AS Lagi-lagi Latihan di Laut Natuna Utara

2 Kapal Induk AS Lagi-lagi Latihan di Laut Natuna Utara

Dua kelompok kapal induk Amerika Serikat (AS) kembali melakukan latihan perang bersama di Laut Natuna Utara pada Selasa, 9 Februari 2021.

Latihan itu digelar beberapa hari setelah kapal perang AS berlayar di dekat pulau-pulau, seperti Kepulauan Paracel yang dikuasai China dan pulau-pulau lain.

“(Kapal induk) Theodore Roosevelt Carrier Strike Group dan Nimitz Carrier Strike Group melakukan banyak latihan yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara aset serta kemampuan komando dan kontrol”, kata Angkatan Laut AS atau US Navy.

Latihan bersama ini menandai operasi kapal induk ganda AS pertama  di wilayah tersebut sejak Juli 2020.

Latihan itu dilakukan beberapa hari setelah China mengutuk kapal perusak, USS John S.McCain di dekat Kepulauan Paracel yang dikuasai China. Amerika Serikat menyebut tindakan itu sebagai operasi kebebasan navigasi dan merupakan misi pertama angkatan laut Amerika Serikat sejak Presiden Joe Biden menjabat.

Amerika Serikat menyangkal klaim teritorial China yang luas di wilayah tersebut dan menuduh militerisasi Laut China Selatan dan mencoba untuk mengintimidasi tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam yang juda memiliki klaim yang tumpang tindih dengan China.

Baca Juga :  Jet Tempur AS Cegat 6 Pesawat Rusia di Alaska, Ada Apa?

“Kami berkomitmen untuk memastikan penggunaan yang sah dari laut yang dinikmati semua negara berdasarkan hukum internasional,” kata Laksamana Muda Jim Kirk, komandan kapal perang Nimitz Carrier Strike Group.

Sementara China geram dengan kapal-kapal AS yang berulang-ulang berlayar di dekat pulau-pulau yang diduduki dan dikuasai Beijing di Laut Natuna Utara.

China menyatakan memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan dan menuduh Amerika Serikat sengaja menyulut ketegangan di kawasan tersebut.

Source: pikiran-rakyat