Cara Mencuci Pakaian & Sepatu yang Terendam Banjir

Cara Mencuci Pakaian & Sepatu yang Terendam Banjir

Banjir terjadi di beberapa wilayah DKI di Jakarta. Ada sekitar 29 RW di Jakarta Selatan, 50 RW di Jakarta Timur, dan 4 RW di Jakarta Barat terdampak banjir.

Sebanyak 1.380 warga DKI Jakarta mengungsi akibat banjir tersebut.

Lantas, bagaimana cara mencuci pakaian dan sepatu yang terendam banjir?

Sortir pakaian

  1. Sebelum membersihkan pakaian yang terkena banjir, pertama Anda harus menggunakan pelindung seperti sarung tangan karet atau plastik, sepatu bot atau sepatu tahan air lainnya.
  2. Kemudian sortir baju Anda yang sebelumnya terkena banjir, pisah-pisahkan sesuai dengan jenisnya. Akan lebih baik juga bila Anda memisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna. Jangan menyimpan pakaian basah apa pun di dalam kantong plastik yang dapat memicu pertumbuhan jamur dan noda.
  3. Kemudian dengan menggunakan selang air, bilas lumpur dari pakaian ataupun sepatu yang sebelumnya terendam banjir. Jangan langsung memasukkan pakaian yang tertutup lumpur ke dalam mesin cuci karena lumpur dapat membanjiri sistem drainase mesin cuci.

Gunakan air panas

  1. Setelah membersihkan pakaian dari lumpur, kini Anda perlu mencuci pakaian dengan menggunakan air panas.
  2. Untuk pakaian berwarna putih, tambahkan satu cangkir pemutih klorin ke dalam air rendaman cucian. Akan tetapi, jangan menggunakan pemutih klorin untuk jenis pakaian seperti spandex, wol, sutra dan pakaian berwarna.
  3. Kemudian tambahkan satu cangkir disinfektan fenolik ke dalam air rendaman ketika mencuci pakaian.
  4. Setelah noda-noda dan kotoran mulai hilang dari pakaian, ambil sepatu dan baju dari rendaman.
  5. Kemudian bilas dengan air bersih, dan periksa kembali apakah noda-noda kotor pada pakaian sudah benar-benar hilang. Jika belum, jangan langsung mengeringkan pakaian. Coba rendam kembali pakaian dengan desinfektan.

Keringkan pakaian

  1. Kemudian keringkan pakaian dengan mesin pengering dengan tingkat pengering pakaian yang paling panas yang disarankan untuk pakaian.
  2. Anda juga bisa menggantung pakaian di bawah sinar matahari, karena sinar ultraviolet dapat membantu membunuh bakteri.
  3. Setelah pakaian Anda kering, tempatkan dan periksa kembali pakaian, pastikan bersih dari lumpur dan kering dengan sempurna agar tidak menimbulkan bau dan jamur.

Untuk sepatu kulit

  1. Jika sepatu Anda berbahan dasar kulit, gunakan kain lembab yang lembut untuk menghilangkan noda pada area penjahitan yang rumit.
  2. Kemudian, isi sepatu dengan kertas tisu atau handuk kertas untuk mengembalikannya ke bentuk yang tepat. Anda juga bisa menggunakan kertas surat kabar yang sudah tidak terpakai untuk mengembalikan bentuk awal sepatu.
  3. Kemudian simpan kembali sepatu hingga kering pada suhu kamar jauh yang dari pemanas dan sinar matahari.

Source: kompas