Cara Mencerahkan Warna Ikan Cupang, Mudah Dilakukan!

Cara Mencerahkan Warna Ikan Cupang, Mudah Dilakukan!

Saat memelihara ikan cupang, tentunya, setiap pemilik berlomba-lomba untuk membuat ikan cupang terlihat lebih cantik dan menawan.

Selain itu, satu hal yang akan dilakukan oleh pemilik ikan cupang adalah mencerahkan warna tubuh ikan cupang tersebut.

Cupang berwarna cerah pasti akan meningkatkan daya tarik, sehingga bisa dikagumi oleh penggemarnya.

Jika warna tubuh ikan cupang Anda tidak cerah, maka penting untuk mencerahkannya agar penampilan ikan cupang menarik perhatian.

Cara agar warna ikan cupang lebih bagus atau cerah sangatlah mudah, bisa dilakukan sendiri, namun butuh waktu dan kesabaran.

Dalam hal ini, Anda perlu menyiapkan peralatan dan bahan yang berguna untuk proses mencerahkan warna pada tubuh ikan cupang.

Peralatan dan bahan

  1. Wadah kosong (gunakan soliter atau toples)
  2. Daun ketapang yang sudah kering
  3. Air biasa yang sudah diendapkan

Cara pengaplikasian

  1. Siapkan wadah kosong (untuk ikan cupang lalu isi dengan air endapan. Air yang diisi ke dalam wadah kosong tidak harus penuh.
  2. Masukkan daun ketapang kering ke dalam wadah kosong yang berisi air. Biarkan daun ketapang larut di dalam air dan tunggu selama 3 hari sampai air berubah menguning seperti air teh.
  3. Setelah 3 hari dan air menguning menjadi seperti air teh, kamu bisa masukkan ikan cupangmu ke dalamnya untuk memulai proses mencerahkan warnanya.
  4. Setelah itu, letakkan wadah air daun ketapang yang berisi ikan cupang di tempat yang benar-benar gelap.
  5. Diamkan ikan cupang di wadah berisi air daun ketapang selama 1 minggu lebih. Kamu bisa mencoba sampai 2 minggu penuh, tapi ganti air rendaman daun ketapang kering seminggu sekali.
  6. Jangan lupa untuk tetap memberi makan dengan rutin, agar proses mutasi warna ikan cupang berlangsung lancar.
Baca Juga :  Inilah Manfaat Membudidayakan Ikan Cupang

Guna memaksimalkan proses pencerahan warna ikan cupang, Anda perlu memberikan pakan yang dapat mempercantik warna ikan cupang.

Ada berbagai macam pakan yang dapat mempercantik warna ikan cupang, seperti ikan salmon yang dapat digunakan untuk memperbaiki warna ikan cupang.

Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan salmon. Ikan salmon cukup kaya manfaat untuk ikan cupang, tapi hanya boleh diberikan beberapa kali per minggu.

Jika ikan salmon akan berikan ke ikan cupang, maka harus dipotong kecil-kecil.

Selain ikan salmon, udang juga dapat digunakan sebagai pakan ikan cupang, yang dapat membuat warna dan sirip udangnya tumbuh lebih cepat dan lebih baik.

Untuk membuat pakan udang, Anda perlu memotongnya sekecil mungkin. Sebelum memotongnya, pastikan kulit udang telah dikupas.

Source: kompas