Cara Mengobati Tanaman yang Terserang Busuk Putih

Cara Mengobati Tanaman yang Terserang Busuk Putih

Merawat tanaman di rumah berarti Anda juga harus memperhatikan kesehatan tanaman. Ini termasuk penyakit yang bisa menyerang tanaman Anda.

Salah satunya adalah busuk putih pada tanaman yang disebut juga kapang putih. Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini dapat secara diam-diam menyerang tanaman dan menguasai tanaman Anda, sehingga tertutup noda putih yang luas.

Apa sebenarnya penyakit busuk putih pada tanaman dan bagaimana cara menanganinya?

Apa itu penyakit busuk putih pada tanaman?

Penyakit yang disebabkan oleh jamur datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Adapun busuk putih adalah salah satu penyakit jamur yang paling umum pada tanaman, dan biasanya menyerang tanaman pangan dan tanaman bunga.

Faktanya, busuk putih menyerang lebih dari 400 jenis tanaman, tetapi memiliki dampak paling serius pada tanaman pangan. Gejala penyakitnya bisa mirip dengan penyakit tanaman lainnya, tetapi akan terlihat jelas ketika Anda dapat mengidentifikasi mycelia.

Mycelia adalah kumpulan hifa atau struktur jamur yang bentuknya seperti tabung. Hifa terbentuk oleh pertumbuhan spora atau konidia.

Mycelia penyakit busuk putih harus segera diidentifikasi. Sebab, bila terlambat mengetahui tanaman terjangkit penyakit ini, maka tanaman di sekitarnya dapat tertular.

Tanaman sayuran dan bunga di halaman rumah atau kebun seringkali rentan terhadap busuk putih.

Gejala busuk putih pada tanaman

Gejala busuk putih antara lain daun mati, batang layu dan tumbuhnya bulu putih pada tanaman yang terserang.

Kondisi ini berkembang menjadi sklerotia, yakni struktur hitam, keras, seukuran pensil di bagian tanaman yang sakit. Seiring waktu, tanaman akan mati.

Penyakit busuk putih paling banyak ditemukan di kondisi hangat dan lembab, terutama saat tanaman terlalu penuh dan belum dipindahkan letaknya. Sklerotia menahan suhu dingin di tanah dan berkembang biak dalam cuaca basah yang ringan.

Sclerotia telah diketahui hidup di tanah hingga 5 tahun. Spora yang sakit bahkan dapat bertiup dari ladang tetangga.

Nama lain untuk penyakit ini adalah kanker putih, busuk lunak encer, busuk kayu, redaman, layu busuk merah muda, busuk mahkota, dan beberapa lainnya.

Cara mengobati tanaman yang terserang penyakit busuk putih

Penyakit jamur ini bisa sangat sulit diobati, karena gejala busuk putih pada awalnya mirip dengan banyak penyakit tanaman lainnya. Begitu busuk putih berada di kebun, biasanya muncul setiap tahun, karena kemampuan spora untuk menahan musim dingin di puing-puing tanaman dan tanah.

Bunga dan jaringan tanaman yang rusak seringkali menjadi yang pertama dijajah oleh penyakit. Spora tidak hanya menyebar melalui angin, tetapi juga melalui aktivitas serangga dan percikan air hujan.

Sisa tanaman yang tertinggal dari panen tahun sebelumnya seringkali menjadi penyebab kontaminan awal.

Setelah tanaman terserang penyakit, Anda dapat mencoba memangkas tanaman di bawah bahan yang terinfeksi dan menggunakan fungisida. Namun, keberhasilan yang sangat terbatas dengan metode ini kecuali penyakitnya terdeteksi sangat dini.

Cara terbaik adalah membuang tanaman dan menghancurkannya.

Mencegah munculnya penyakit busuk putih

Karena tidak ada pengobatan busuk putih yang efektif, yang terbaik adalah mencoba mencegah penyakit. Para ahli menyarankan rotasi tanaman dan membersihkan sisa-sisa tanaman musim sebelumnya.

Pilih tanaman yang tumbuh tegak daripada merangkak di tanah dan pastikan banyak sirkulasi udara. Siram pagi-pagi sekali dengan selang basah atau irigasi tetes.

Jangan membuat kompos tanaman yang terinfeksi, karena sebagian besar kondisi kompos tidak akan cukup panas untuk membunuh sklerotia.

Ada beberapa tanaman yang mampu tahan dari serangan penyakit busuk putih, antara lain penta, impatiens, kuping gajah, dan canna.

Source: kompas