Hindari Investasi Bodong dengan Cara - Cara Ini

Hindari Investasi Bodong dengan Cara – Cara Ini

Investasi bodong merupakan permasalahan yang tidak kunjung usai di Indonesia. Anda pasti juga sudah sering mendengar mengenai kasus ini di berita. Korbannya sendiri bukan hanya berasal dari masyarakat biasa namun juga figur publik.

Sebenarnya investasi merupakan aktivitas tepat dalam mengelola keuangan. Sebab dapat dipakai untuk menunjang keperluan hidup seperti kebutuhan besar di masa mendatang. Contohnya persiapan dana pensiun.

Akan tetapi, berbeda hasilnya jika terjebak pada penipuan. Sebab pada akhirnya bukan keuntungan yang akan diperoleh namun berupa kerugian. Permasalahan ini membuat Anda wajib berhati-hati.

Mengenal Apa Itu Investasi Bodong

Banyak sekali cara untuk memelihara atau meningkatkan kekayaan. Salah satunya melalui investasi. Sementara instrumen yang dapat dipilih juga bermacam-macam, seperti emas, reksa dana, saham, deposito, obligasi dan lain sebagainya.

Investasi bodong sendiri ialah bentuk penipuan dimana Anda diminta untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai penanaman modal di suatu bisnis. Akan tetapi, sebenarnya bisnis tersebut tidak pernah ada.

Pada akhirnya pihak yang meminta Anda untuk menyetorkan uang akan membawa kabur seluruh dana tersebut. Oleh sebab itu, wajib sekali berhati-hati supaya tidak sampai terkena penipuan semacam itu.

Sepanjang waktu OJK terus memantau pihak yang melakukan penipuan dalam hal ini. OJK juga sudah menangkap sejumlah pihak yang ada di balik investasi bodong setiap tahun. Jadi masyarakat bisa sedikit bernapas lega ketika mengetahui informasi pelakunya.

Namun tentu saja masyarakat tidak bisa bergantung pada pergerakan OJK saja. Masyarakat secara mandiri juga wajib waspada supaya tidak turut menjadi korban penipuan. Jangan sampai gegabah ketika memilih suatu investasi.

Pernahkah Anda merasa heran mengapa pelaku dalam penipuan ini terus menerus bertambah meskipun sebagian sudah tertangkap? Memang, tindakan penipuan jenis apapun hampir tidak pernah berhenti dalam satu waktu.

Mereka selalu menemukan celah baru untuk bisa menipu para korbannya. Jadi tidak heran jika investasi bodong terus saja bermunculan dari waktu ke waktu. Tidak ada cara selain membentengi diri sendiri.

Secara umum, penipu akan memanfaatkan masyarakat yang kurang tahu mengenai sistem investasi. Lantas memberikan penawaran keuntungan menggiurkan yang tidak normal namun membuat masyarakat bisa mempercayainya.

Ciri-Ciri Investasi Bodong di Indonesia

Supaya mudah mengenali penipuan dalam bentuk ini, ada beberapa ciri bisa Anda pelajari. Jadi tidak akan mudah terjebak dan akhirnya mengalami kerugian besar. Seperti ini ciri-cirinya.

Tidak Mempunyai Izin

Ciri paling umum dari investasi bodong adalah tidak mempunyai izin resmi dari pemerintah. Jadi, ketika Anda menemui badan hukum perusahaan, periksa dahulu apakah mempunyai izin atau tidak.

Izin dari pemerintah akan diberikan pada perusahaan keuangan yang menghadirkan layanan secara nyata. Apabila ada badan hukum tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, maka Anda wajib waspada.

Sebab, OJK menjadi pihak yang akan menghadirkan keamanan bagi masyarakat Indonesia ketika berkaitan dengan investasi. Kemudian jangan lupa memastikan izin yang ditampilkan oleh suatu badan usaha benar-benar resmi bukan dokumen palsu.

Jika ingin mengetahui daftar badan hukum yang menyediakan investasi, Anda dapat mengakses laman website milik OJK. Anda juga dapat bertanya ke pihak OJK jika ingin mendapat jawaban lebih detail.

Menawarkan Keuntungan Tidak Normal

Ciri investasi bodong selanjutnya ialah menawarkan keuntungan tidak normal. Maksudnya ialah keuntungan sangat tinggi dalam kurun waktu singkat. Ketika tidak dipikirkan secara matang, akan mudah sekali tergiur dengan penawaran keuntungan tersebut.

Misalnya saja menyetorkan uang sebanyak Rp 3 juta. Lantas penawaran keuntungannya mencapai Rp 100 juta dalam waktu satu bulan. Tentu hal tersebut terasa mustahil. Jangan sampai tergiur dengan penawaran semacam itu.

Meskipun aktivitas ini menawarkan keuntungan namun sebenarnya bisa saja terjadi fluktuasi. Misalnya saja kondisi perekonomian negara sedang buruk, maka berpotensi mempengaruhi keuntungan yang diperoleh investor.

Bentuk Investasi Bodong yang Umum di Masyarakat

Seperti yang Anda tahu, ada berbagai macam instrumen. Hal tersebut membuat para penipu semakin lihai untuk melancarkan aksinya melalui berbagai cara, baik itu dengan online maupun offline. Biasanya tipe investasinya seperti ini.

Online

Investasi bodong yang umum digunakan penipu ialah berbentuk online. Penipuan seperti ini sangat umum di dunia maya. Umumnya penipu akan menampilkan iklan menggiurkan di media sosial.

Mereka akan menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat sehingga masyarakat yang kurang paham mengenai investasi mudah sekali tergiur. Tidak jarang pelaku menempelkan logo OJK sehingga seolah-olah merupakan perusahaan resmi.

Korban yang tertarik akan digiring untuk mendaftar secara online di sebuah website dan menyetorkan uang. Nantinya pelaku akan membawa kabur uangnya sementara website tidak akan bisa diakses lagi oleh para korban.

Melalui investasi bodong jenis ini pelaku dapat meraup keuntungan besar. Sebab umumnya masyarakat yang kurang paham mengenai sistemnya akan mudah percaya dengan penawaran mereka sehingga tidak ragu menyetorkan dana dalam jumlah besar.

Koperasi Bodong

Koperasi sebenarnya adalah lembaga keuangan yang didirikan untuk membantu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat terutama para anggota. Akan tetapi banyak pihak membuat koperasi palsu untuk menipu masyarakat.

Penipu akan membuat koperasi simpan pinjam lantas menjanjikan bunga besar bagi masyarakat yang mau menyetorkan uangnya. Sementara para anggota akan diminta untuk mencari anggota baru dan membujuk mereka untuk menyetorkan uangnya juga.

Arisan Bodong

Arisan ialah salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh kaum hawa. Sistem arisan bodongĀ  mirip dengan arisan pada umumnya. Pelaku akan meminta para anggota menyetorkan uang.

Tidak lupa menawarkan keuntungan besar untuk setiap anggota yang memperoleh giliran menang. Pelaku akan menampung dana dari para anggota lantas membawa kabur uangnya.

Tips Terhindar dari Jebakan Investasi Bodong

Banyak sekali cara dapat dilakukan untuk menghindari penipuan, terutama penipuan dengan kedok investasi. Supaya Anda tidak ikut terjebak penipuan, simak saja cara menghindarinya berikut ini.

Mempunyai Rencana Investasi

Investasi merupakan aktivitas yang bagus untuk dilakukan. Akan tetapi, jangan langsung melakukannya begitu mendapat penawaran menarik. Anda perlu mempelajari beberapa teori dasar dan menetapkan rencana.

Kemudian tidak lupa mempelajari pasar jadi tidak langsung setuju begitu ada investasi bodong yang menawarkan keuntungan besar. Anda juga dapat bertanya pada orang-orang terdekat yang sudah ahli mengenai hal tersebut.

Memeriksa Perizinan

Cara selanjutnya untuk menghindari jebakan penipuan ialah memeriksa perizinannya. Apakah perusahaan terkait sudah terdaftar secara legal di OJK. Simak saja daftar lengkapnya melalui website OJK.

Jika penawaran berupa investasi berjangka atau komoditi maka perlu memeriksa izinnya melalui Bappebti. Jadi pastikan memeriksa perizinannya terlebih dahulu. Jangan langsung percaya ketika mereka mengaku perusahaan resmi dan mengantongi izin pemerintah.

Memperhitungkan Keuntungan

Investasi bodong pasti akan menawarkan keuntungan sangat tinggi untuk menarik minat para korbannya. Anda perlu memperhitungkan apakah keuntungan yang ditawarkan tergolong wajar atau tidak.

Kemudian pertanyakan risiko yang dihadapi ketika berinvestasi. Anda juga bisa mempertanyakan alur bisnisnya. Jika keuntungan tinggi tanpa ada risiko sama sekali, maka Anda wajib waspada dan sebaiknya menghindar.

Investasi ialah aktivitas menyisihkan uang dengan harapan nilainya akan bertambah di masa mendatang. Namun wajib waspada sebelum melakukannya supaya tidak terjebak investasi bodong.