Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Ambil KPR

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Ambil KPR

Ada hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR. Keberadaannya sendiri berada pada posisi yang sangat penting. Itu karena keberadaannya membuat kemungkinan rugi di masa depan tidak akan terjadi.

Keberadaan rumah KPR sendiri memang seperti pedang bermata dua. Di satu sisi seseorang akan lebih mudah untuk mendapatkan uang. Itu karena dibutuhkan uang yang cukup besar jika ingin membeli uang.

Jika menunggu uang tersebut terkumpul, besar kemungkinan rumah pada akhirnya tidak dimiliki. Tetapi di sisi lain, rumah KPR sendiri sering kali menyulitkan. Itu karena ada beberapa orang yang mengaku menyesal ketika sudah mengambilnya.

Ada banyak alasan yang menyebabkan penyesalan tersebut terjadi. Namun untuk penyebab paling umum, kondisi ini disebabkan karena tidak adanya kepedulian terhadap hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR.

Anda tentu tidak ingin mengalami hal buruk semacam ini. Oleh karena itu, pastikan untuk memerhatikan hal pentingnya terlebih dahulu. Lagipula hal pentingnya bukan sesuatu yang rumit dan membingungkan.

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Ambil KPR

Hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR terbagi menjadi beberapa poin. Perlu diingat, poin yang dijelaskan di bawah tidak boleh terlewat satupun. Jika ada yang terlewat, hal tersebut bisa saja menjadi bumerang.

Sangat mungkin penyesalan terjadi akibat satu poin tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk detail dalam memerhatikannya. Berikut ulasan mengenai poin-poinnya secara lebih lengkap.

Anggaran

Poin pertama dan paling pokok dalam hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR adalah anggaran. Lihat apakah anggarannya masuk dengan kekuatan finansial Anda atau tidak. Jika anggarannya tidak masuk, akan sangat tepat jika tidak memaksakan.

Itu karena kebanyakan orang di luar sana sering kesulitan oleh hal-hal yang dari awal tidak dikuasai. Perlu diingat, masih banyak rumah KPR lain yang bisa dipilih dan sesuai dengan anggaran pribadi.

Ketika memilih rumah tersebut Anda pasti merasa lebih nyaman. Perlu diingat, pembayaran KPR adalah sesuatu yang sifatnya jangka panjang. Jika memaksakan, kondisi kerepotan juga akan dirasakan dalam jangka panjang.

Lokasi

Hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR selanjutnya adalah lokasi rumah. Lihat apakah lokasinya strategis atau tidak. Lokasi strategis sendiri tidak selalu berada di tengah kota. Intinya sesuaikan lokasi tersebut dengan kebutuhan anda.

Jangan lupa juga untuk melihat area sekitar rumah. Lihat apakah di sekitarnya terdapat sungai atau tidak. Jika terdapat sungai, berhati-hatilah dengan potensi banjir yang bisa saja dialami ketika musim hujan.

Jangan lupa juga untuk melihat potensi perkembangan lokasi. Jika lokasi tersebut berpotensi ramai di masa depan, ini bisa menjadi nilai tambah. Itu karena, nilai rumah tersebut bisa saja mengalami peningkatan.

Developer

Developer juga termasuk ke dalam hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR. Pastikan untuk memilih developer yang terpercaya dan memiliki reputasi terbaik. hal tersebut membuat Anda tidak akan merasa kecewa.

Perlu diketahui, ada banyak developer di luar sana yang berniat untuk menipu. Jika sampai menjadi korban, kerugian dalam jumlah besar akan terasa. Salah satu cara termudah untuk melihat kualitas developer adalah dari legalitasnya.

Pastikan hanya memilih developer yang memiliki kekuatan hukum jelas. Selain itu jangan lupa juga untuk memerhatikan keberadaan garansi. Keberadaan garansi ini penting karena membuat uang Anda akan kembali jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Garansi Booking Fee

Garansi memang sangat penting dalam hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR. Namun ingat, pastikan garansi tersebut juga didapat untuk booking fee. Ini menjadi upaya pencegahan apabila ternyata pengajuan ditolak bank.

Dengan garansi pada booking fee, seseorang akan mendapat uangnya kembali ketika pengajuan ditolak bank. Perlu diketahui, ada banyak kondisi diluar sana dimana pengajuan ditolak tetapi booking fee tidak kembali.

Ini jelas merupakan hal yang sangat merugikan. Itu karena biaya booking fee sendiri tidak pernah murah. Minimal seseorang pasti mengeluarkan jutaan rupiah ketika memenuhi kebutuhan booking fee.

Plafon

Plafon juga cukup penting dalam hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR. Beberapa dari Anda pasti belum umum dengan istilah ini. Perlu diketahui, plafon merupakan angka maksimum yang diberikan izin dalam sebuah transaksi keuangan.

Tentu angka maksimum disini dimaksudkan untuk proses kredit rumah. Jika plafonnya ternyata terlalu kecil, jangan melakukan pengajuan. Itu karena pengajuan pada akhirnya pasti ditolak.

Suku Bunga

Suku bunga juga tidak boleh terlupakan ketika mengulas hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR. Perlu diingat, menghitung suku bunga tidak memiliki patokan resmi. Itu karena perhitungan suku bunga di setiap tempat berbeda-beda.

Oleh sebab itu, mintalah terlebih dahulu detail mengenai sistem bunga yang digunakan. Lihat apakah ada poin yang mencurigakan atau akan merugikan anda. Jika ada poin semacam itu, jangan lanjutkan proses pengambilan KPR.

Saat mempelajari suku bunga, sangat tepat apabila membawa teman yang ahli di bidang ini. Itu karena orang yang terlalu awam pasti kesulitan dalam memahami poin-poinnya.

Masa Pinjaman Bank

Hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR selanjutnya adalah masa pinjaman dari bank. Normalnya setiap orang menganggap kalau masa pinjamannya berkisar antara 15 sampai 20 tahun. Pemahaman tersebut merupakan sesuatu yang tepat.

Itu karena itu merupakan kisaran waktu pinjaman yang paling umum di Indonesia. Namun terdapat beberapa bank yang menggunakan konsep berbeda. Hal tersebut bisa membuat masa pinjamannya lebih lama dan lebih pendek.

Jika hal ini tidak disadari, kerugian pasti akan terasa. Seseorang pasti akan kesal jika ingin menyicil rumah selama 15 tahun namun ternyata cicilan perlu dilakukan selama 30 tahun.

Lama Proses

Pengajuan KPR memiliki waktu yang berbeda-beda. Hal ini tergantung bank yang dipilih dan kelengkapan data yang diberikan. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu lama proses pengajuan tersebut.

Jangan sampai Anda menumpuk kekesalan dalam diri hanya karena prosesnya lama. Sebagai patokan, proses ini biasanya memakan waktu dua minggu sampai satu bulan. Semakin baik banknya maka semakin sigap juga prosesnya.

Biaya Tambahan

Jangan sampai melupakan keberadaan dana tambahan. Dalam pengajuan KPR, ini menjadi hal pasti yang tidak boleh terlupakan. Salah satu tambahan yang mungkin terjadi adalah biaya admin.

Biaya adminnya sendiri dibutuhkan untuk berbagai hal. Hal tersebut antara lain provinsi, administrasi, notaris, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk melihat penalti pelunasan.

Ini adalah biaya tambahan yang perlu dikeluarkan apabila pelunasan ingin dilakukan secara langsung. Pastikan biaya penalti ini tidak terlalu besar. Hal tersebut membuat Anda lebih nyaman ketika suatu saat ingin langsung melunasi rumah.

Perhatikanlah setiap poinnya secara detail. Jangan sampai ada yang terlewat hanya karena ingin cepat-cepat memiliki rumah.

Terdapat beberapa kondisi dimana ego semacam itu membuat penyesalan terjadi di akhir. Lagi pula, hal hal yang perlu diperhatikan saat akan ambil KPR tidak banyak.