Syarat dan Cara Dapatkan Bantuan 3,5 Juta dari Kemensos

Syarat dan Cara Dapatkan Bantuan 3,5 Juta dari Kemensos

Pemerintah melalui Kementerian Sosial atau Kemensos telah memberikan kesempatan bagi pelaku usaha mikro PKH tergraduasi untuk mengembangkan usahanya dengan mendaftar bantuan modal usaha 3,5 juta rupiah.

Kemensos mendukung pelaku usaha mikro agar dapat memperkuat usahanya melalui bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH.

Kementerian Sosial telah mengeluarkan program reguler yakni bantuan tambahan modal usaha 3,5 juta rupiah.

“Program kewirausahaan ini memang merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah sebagai upaya meningkatkan pendapatan para KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha,” kata Menteri Sosial, Juliari Batubara.

Jika Anda ingin mendapatkan bantuan modal usaha sebesar 3,5 juta rupiah dari Kementerian Sosial, secara umum ada 6 jenis usaha yang berhak mendapatkan bantuan ini. Seperti usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian, dan peternak.

Adapun syarat mendapat bantuan modal usaha ini di antaranya:

  • Warga miskin/ rentan miskin
  • Anggota KPM PKH yang sudah di graduasi
  • Punya usaha.

Perlu diketahui maksud dari Anggota KPM PKH yang sudah di graduasi adalah mereka peserta KPM PKH yang sudah dikeluarkan karena sudah tidak memenuhi beberapa kriteria. Tetapi KPM PKH ini masih dalam kategori miskin.

Baca Juga :  Info Seputar BST 300 Ribu Rupiah, Simak di Sini!

Mengenai cara mendaftar bantuan modal usaha 3,5 juta rupiah dari Kemensos telah disampaikan oleh Menteri Sosial bahwa KPM PKH yang sudah di graduasi nanti akan langsung diseleksi oleh Kementerian Sosial.

Kemudian, jika lolos nantinya akan langsung disampaikan oleh pendamping kepada KPM PKH yang sudah di graduasi tersebut.

Artinya, untuk peserta yang berhak mendapatkan bantuan modal usaha 3,5 juta rupiah ini tidak data-data baru yang masuk. Tetapi dari hasil seleksi KPM PKH yang sudah di graduasi.

Selanjutnya, peserta KPM PKH yang sudah di graduasi ini berhak menerima dana dari hasil seleksi Kementerian Sosial dan disampaikan oleh pendamping PKH. Nantinya akan langsung didampingi oleh pendamping PKH untuk mengarahkan KPM PKH menjadi lebih sejahtera.

Source: pikiran-rakyat