BLT UMKM Diperpanjang Hingga 2021, Ini Cara Daftarnya

Kabar gembira bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan bantuan langsung tunai  dari program Banpres BPUM Tahap II kemarin, karena pemerintah resmi memperpanjang program BLT UMKM hingga tahun 2021.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah berencana memperpanjang program Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM BPUM atau Banpres hingga 2021.

BLT UMKM merupakan program bantuan pemerintah yang diberikan kepada pelaku UMKM. Pelaku BLT UMKM atau Banpres akan menerima dana bantuan sebesar 2,4 juta rupiah. Memang tidak semua pelaku UMKM mendapatkan bantuan ini, karena harus ada persyaratan yang dilengkapi.

Perpanjangan program BLT UMKM oleh pemerintah didasarkan pada tingginya peminat terhadap bantuan ini.

“Yang mendaftar ke kami 28 juta, yang mengajukan dari berbagai daerah untuk memperoleh hibah modal kerja ini,” tutur Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM.

Baca Juga : Google Bakal Beri Bantuan Pinjaman Untuk UMKM RI

Adapun persyaratan pendaftaran BLT UMKM ini adalah Warga Negara Indonesia, memiliki NIK, memiliki Surat Keterangan Usaha, belum mendapat KUR dan bukan ASN, TNI atau Polri.

“Kita sedang evaluasi untuk tetap diajukan tahun depan di kuartal 1 meski mungkin keadaan ekonomi sudah baik, tetapi masih sulit usaha mikro,” kata Teten.

Jadi, para pelaku usah mikro BLT UMKM yang unbakable jumlahnya masih kurang banyak. Oleh karena itu, Kemenkop UKM akan terus mengusulkan kelanjutan program  BLT UMKM tahun 2021.

Teten melanjutkan pihaknya masih berupaya membantu karena daya beli masyarakat saat ini sedang menurun. Ya, meski berbagai bantuan sosial telah diberikan, namun tidak dapat memulihkan konsumsi masyarakat menjadi normal.

Baca Juga : Gandeng OVO, BRI Salurkan Pinjaman UMKM

Cara Daftar BLT UMKM

Jika persyaratan diatas tadi sudah anda penuhi, maka anda bisa menlanjutkan proses pendaftarannya dengan cara mendatangi langsung ke lembaga / koperasi unit usaha pemerintah di deaerah anda. Pada pendaftaran Banpres UMKM tahap 2, beberapa daerah melakuan opsi daftar secara online.

Baca Juga :  Soal Keberlanjutan BLT UMKM, Teten: Sedang Dievaluasi!

Keterangan: Daftar online mungkin bisa masih aktif atau tidak, jadi untuk jalan terbaiknnya dan agar data/berkas anda bisa diterima oleh lembaga terkait bisa langsung mendatangai kantor lembaga tersebut.

Ciri-Ciri Anda Lolos Sebagai Penerima BLT UMKM

Pelaku UMKM yang dinyatakan memenuhi syarat dan berhak menerima bantuan ini akan mendapatkan SMS dari bank penyalur (BRI, BNI, atau Bank Syariah Mandiri).

Bank BRI juga menyediakan layanan formulir online (eform) di link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP (nomor eKTP). fungsinya adalah untuk mengecek apakah data anda termasuk yang menerima bantuan atau tidak. ada juga laman pembiayaan.depkop.go.id untuk mengecek penerima BLT UMKM seluruh Indonesia.

Source: teknobgt