Cara Cek Penerima Bantuan 3,5 Juta Rupiah Kemensos

Cara Cek Penerima Bantuan 3,5 Juta Rupiah Kemensos

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyalurkan BLT UMKM kepada pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi Covid-19. Program terbaru Kemensos adalah memberikan bantuan modal usaha senilai 3,5 juta rupiah.

Jadi, bagi yang belum mendapatkan BLT UMKM, jangan khawatir! Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan modal usaha sebesar 3,5 juta rupiah.

Bantuan modal usaha ini akan diberikan kepada warga yang telah digraduasi atau terdaftar oleh Kemensos dalam program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Syarat penerima bansos modal usaha 3,5 juta rupiah:

  • Warga miskin/rentan miskin
  • Anggota KPM/PKH yang sudah digraduasi
  • Memiliki usaha

Untuk mengetahui apakah Anda telah terdaftar sebagai penerima bantuan modal usaha 3,5 juta rupiah dari Kementerian Sosial, Anda dapat mengecek melalui tautan berikut: https://dtks.kemensos.go.id/

Baca Juga : Syarat dan Cara Dapatkan Bantuan 3,5 Juta dari Kemensos

Kemudian untuk cara pengecekannya adalah sebagai berikut:

  • Pilih ID yang akan anda masukkan. Anda bisa memilih salah satu identitas diri yang akan anda cek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Untuk mempermudah, pilih NIK KTP saja.
  • Kemudian masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK KTP).
  • Setelah itu isi kolom dengan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  • Langkah terakhir adalah Klik kata ‘CARI’. Setelah itu akan muncul data apakah anda merupakan penerima bansos atau tidak.
Baca Juga :  BLT UMKM Diperpanjang, Kuota Ditambah 3 Juta Orang

Program bantuan sosial ini dikerjakan langsung oleh tenaga kerja kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Kementerian Sosial juga menghubungkan KPM PKH Graduasi dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Artinya, tidak ada data baru, melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah digraduasi oleh Kemensos.

Source: teknobgt