Cara Terapkan Strategi Investasi & Sebab Kegagalannya

Strategi investasi menjadi salah satu hal sangat penting di era digital saat ini. Memulai tidak harus pakai modal besar, tapi lakukan cepat. Sebab langkah awal memang harus dilakukan semenjak dini, sehingga lebih cepat dapat untung.

Akan tetapi, tidak boleh sembarangan juga dalam berinvestasi. Perlu perhitungan matang agar tidak harus menelan kegagalan. Sebab tidak sedikit proyek investasi yang tidak matang mendatangkan kegagalan.

Berinvestasi bukan sekadar mengalokasikan dana saja, tapi juga harus ada rencana matang di baliknya. Sebagai contoh menentukan modal dan jenis asetnya. Planning atau perencanaan, masuk dalam langkah penting dan tidak boleh terlewatkan.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memiliki dasar kuat terlebih dahulu, bukan hanya belajar sambil lalu. Coba pelajari beberapa hal berikut ini agar kegiatan menggapai goal financial freedom berujung keberhasilan

Berinvestasi Hingga Mencapai Financial Freedom

Istilah strategi investasi berupa dua suku kata yang dua dekade terakhir sering didengar dan disebutkan dalam banyak obrolan mengenai dunia financial. Bahkan ibu rumah tangga juga mengenalnya dan banyak tertarik melakukannya.

Prospek menghasilkan keuntungan bukan hanya milik para pekerja kantoran, tapi semua orang memilikinya. Investasi jika dijabarkan dalam satu kalimat pendek adalah kegiatan mengubah uang menjadi modal berupa aset atau produk keuangan lain.

Aset ini nantinya dapat memiliki nilai yang lebih besar setelah jangka waktu bertahun-tahun. Tidak jarang nilainya turun ketika mengalami kegagalan atau kerugian pada hal yang diinvestasikan.

Sebagai contoh, Anda menanam modal di sebuah perusahaan bergerak dalam bidang transportasi. Kemudian perusahaan dimodali tidak bisa menghasilkan profit dan merugi, maka nilat aset Anda juga berkurang.

Goal utama dalam berinvestasi adalah cari untung, tapi terkadang hal sebaliknya bisa terjadi. Agar hal ini tidak terjadi, Anda membutuhkan strategi investasi sehingga matang dalam melakukannya.

Kegagalan menyebabkan kerugian sehingga menjadi momok sehingga banyak orang enggan berinvestasi. Namun, mana ada kegiatan berinvestasi tidak berisiko. Semua berisiko, hanya besar dan kecilnya saja berbeda.

Pada intinya, fokus Anda bukanlah untuk mendapatkan untung saja, tapi memahami risiko menginvestasikan dana serta faktor risiko, dan bagaimana memilih aset serta cara menghindari faktor risiko.

Berinvestasi Berdampak Positif Bagi Kondisi Finansial

Berinvestasi untung ruginya sangat terpengaruh dengan kondisi ekonomi dan politik. Selain itu, juga ada faktor tren pertumbuhan, misalnya satu jenis usaha sedang naik daun sehingga memengaruhi pengambilan keputusan investor.

Sebelum lebih jauh memahami mengenai strategi investasi dan faktor risikonya, Anda sebaiknya mengenali dahulu apa saja manfaat berinvestasi sejak muda.

Bekerja Sedikit untuk Hasil Besar

Masuk kerja pukul 8 dan pulang di jam 5 sore harinya merupakan rutinitas harus dilalui sebagian besar orang untuk mendapatkan upah. Upah ini satu-satunya pemasukan bulanan yang dipergunakan menyambung hidup.

Ketika investasi juga dilakukan dan berhasil, maka keuangan akan sangat terbantu. Aset hasil berinvestasi dapat mendatangkan uang sebagai pasive income sehingga untuk pemenuhian kebutuhan sehari-hari lebih mudah tanpa bersusah payah.

Hari Tua Sejahtera

Tidak sedikit orang yang justru mengalami kesulitan ketika sudah berumur. Hal ini disebabkan masa-masa produktif dimanfaatkan untuk hal-hal kurang bermanfaat dan ketiadaan kesadaran memastikan masa tua sejahtera.

Berinvestasi merupakan salah satu cara menjamin Anda menikmati kenyamanan di hari tua. Bisa pilih sendiri aset diinginkan, sebagai contoh saham, menyimpan logam mulia, atau bermodal dalam reksa dana.

Dapat Mengantisipasi Keadaan Tidak terduga

Strategi investasi tepat akan mendatangkan keuntungan sehingga Anda akan memiliki dana simpanan untuk masa-masa tidak terduga. Karena perubahan di masa depan bisa terjadi kapan saja.

Kasus nyata pernah terjadi seperti krisis dan pandemi yang melumpuhkan semua sektor kehidupan manusia. Untuk mengantisipasi kejadian seperti inilah Anda membutuhkan pegangan aset berharga yang didapatkan dari berinvestasi.

Perlindungan Terhadap Ancaman Inflasi

Harta atau kekayaan tidak akan terhindar dari inflasi sehingga untuk menghindarinya alihkan saja sebagai aset investasi. Selain menghindari nilai yang merosot karena inflasi, kemungkinan meningkatkan nilainya juga sangat tinggi.

Pemanfaatan Strategi Investasi untuk Raih Keuntungan

Kesejahteraan dalam hal keuangan merupakan hasil yang ingin dicapai oleh semua orang. Karena di dalamnya terdapat kenyamanan sebab mampu memenuhi kebutuhan dasar dan memberikan pendapatan pasif setiap bulan/tahun.

Menginvestasikan uang terlihat sangat menguntungkan, tapi ketika dijalankan cukup sulit dan penuh pertimbangan. Namun, apabila Anda menerapkan langkah-langkah strategi investasi berikut akan lebih mudah melakukannya:

Awali dengan Menciptakan Goal

Goal atau tujuan/hasil akhir menjadi inti dari menginvestasikan harta. Tentukan tujuan yang ingin dicapai, lalu merancang jalan meraihnya. Tanpa tujuan, maka Anda akan berjalan tanpa arah jelas dan sangat mungkin tersesat.

Tujuannya bebas, misalnya agar bisa sejahtera di hari tua, menghindari inflasi, atau ingin mengurangi beban kerja. Intinya, tetapkan dahulu apa yang ingin digapai. Tidak perlu sama dengan orang lain karena keinginan dan kebutuhan orang berbeda.

Mengumpulkan Data Produk/Aset Sebagai Acuan Mengambil Keputusan

Langkah strategi investasi berikutnya adalah membangun portofolio. Hal ini akan memberikan kemampuan Anda meminimalkan risiko berinvestasi dan memungkinkan raihan untung besar.

Pertama-tama coba perhatikan cashflow serta capital gain. Kedua hal ini akan mampu menghasilkan rekapan data sebagai pegangan pemilihan produk/aset.

Sebenarnya, ini merupakan langkah krusial dan harus dilakukan. Sebab kondisi ekonomi maupun politik tidak dapat ditebak maupun diprediksi. Portofolio yang baik akan mampu menghindarkan investor dari salah membeli produk/aset.

Lakukan Review Berkala

Perlu ditekankan di sini bawah berinvestasi bukanlah sesuatu yang instan, tapi perlu waktu dan langkah-langkah agar bisa sukses. Banyak proses perlu dilalui agar sukses dalam hal ini.

Dalam strategi investasi juga terdapat langkah penganlisaan, yakni melakukan review aset secara berkala dalam masa periode tertentu. Terutama apabila Anda masih awam dan baru belajar berinvestasi.

Implementasi Sangat Penting

Lanjutannya adalah melakukan implementasi, yakni berinvestasi langsung tanpa menunda setelah menyelesaikan portofolio. Jika Anda melewatkan kesempatan ini, bisa jadi akan kehilangan kesempatan besar meraih keuntungan.

Cobalah dengan menambah modal dengan membeli aset atau produk tertentu. Kemudian dapat menginvestasikan lebih banyak dana sebagai tambahan. Paling bagus berinvestasi dari jumlah sedikit dan terus meningkatkannya.

Kenali Penyebab Kegagalan Strategi Investasi

Risiko dan kegagalan memang sudah menjadi risiko dari setiap investasi. Namun, ada beberapa faktor yang menambah kemungkinan kegagalan ini dan harus Anda hindari:

Tanpa Goal, Tanpa Planning

Sudah ditekankan dari awal bahwa goal merupakan modal utama Anda dalam memilih investasi. Karena tanpa adanya goal tidak akan ada rencana bisa disusun sebab tujuan tidak jelas.

Tanpa goal, bukan hanya sulit tapi strategi investasi tidak mungkin dapat diterapkan sehingga kegagalan ada di depan mata.

Tidak Memiliki Pemahaman Mengenai Investasi

Penyebab lainnya adalah kurangnya pemahaman mengenai produk-produk atau aset yang dibeli sehingga tidak memahami untung ruginya. Jadi, ada baiknya meluangkan waktu untuk mempelajarinya terlebih dahulu sebelum terjun ke lapangan.

Menganggap Berinvestasi Sebagai Judi

Banyak yang mengatakan bahwa berinvestasi sama dengan judi, menang untung banyak, kalah rugi besar. Padahal tidak demikian, keduanya merupakan hal berbeda sehingga jangan disamakan.

Judi adalah permainan dengan keberuntungan sebagai pondasinya, tapi investasi tidak demikian. Jadi, paling penting mengedepankan strategi investasi dan analisis yang baik bukan bergantung pada keberuntungan Anda.

Enggan Meriset dan Mencari Informasi Mendalam

Banyak investor enggan membuang waktu untuk melakukan riset sebagai persiapan awal dan langsung terjun ke lapangan. Hasilnya, kerugian besar langsung didapatkan karena kurang persiapan.

Intinya, menginvestasikan harta Anda memang berisiko, tapi ada timbal balik keuntungan besar. Kiat sukses melakukannya adalah mengedepankan strategi investasi sehingga kegagalan dapat diminimalkan dan potensi keuntungan lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.