Strategi Menabung Efektif untuk Orang yang Boros

Salah satu kunci agar dapat menabung adalah mengetahui strategi menabung. Memiliki kemampuan mengelola uang dengan baik merupakan kunci untuk memiliki kestabilan finansial, dan pengelolaan uang yang baik harus disertai adanya tabungan.

Tabungan akan sangat membantu ketika ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan banyak uang. Namun, kebanyakan orang tidak mampu memiliki tabungan karena gaya hidup boros.

Jika Anda juga mengalami hal ini, maka harus mulai mengubah kebiasaan dan mengelola keuangan dengan baik, terutama gaji agar bisa mencukupi kebutuhan. Ditambah lagi dapat memiliki tabungan pribadi.

Nah, bagi yang suka boros dalam menggunakan gaji sehingga mengalami kesulitan keuangan, maka kami akan berikan beberapa tips agar bisa melakukannya dengan baik.

Kegunaan Menabung yang Sering Dilupakan

Membiasakan diri rutin menyimpan uang untuk ditabung terkadang tidaklah mudah. Bahkan sebagian besar orang membutuhkan upaya khusus dan strategi menabung agar sukses memiliki dana simpanan.

Agar bisa menabung dengan baik dan memulai kebiasaan baik, selain niat juga dibutuhkan alasan kuat melakukannya. Coba cek beberapa manfaat menabung yang terlupakan agar Anda punya semangat melakukannya:

Save it For Rainy Day

Kebutuhan dana darurat bisa terjadi kapan saja dan siapapun dapat mengalaminya. Meskipun keuangan Anda sehat tetap saja harus berjaga-jaga, karena hal tidak terduga dapat terjadi.

Memastikan Terpenuhinya Kebutuhan di Masa Mendatang

Strategi menabung dengan penerapan yang baik dan tepat akan memberikan manfaat ketika Anda ingin memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup. Terutama jika sudah bekeluarga dan memiliki anak, maka sangat penting ada pegangan berupa tabungan.

Bantu Memberikan Ketenangan dalam Hidup

Sebab Anda tahu bahwa ketika masa-masa sulit datang, bukan orang lain yang akan membantu tapi diri sendiri. Ketika merasa aman dalam hal finansial akan memberikan ketenangan dalam hidup.

Dapat Memenuhi Tujuan dengan Cara Lebih Mudah

Ingin memiliki hunian sendiri, dapat memiliki kendaraan impian, atau punya niat berkunjung ke negara-negara destinasi wisata? Miliki trik tabung uang agar proses mencapainya lebih mudah dan efektif.

Trik Mengelola Gaji agar Tidak Sekejap Habis Dipakai

Siapa yang tidak merasa senang saat mendapatkan uang gaji? Hanya saja, sebagian besar orang tidak bisa mengelola gaji sehingga tidak dapat diberdayakannya memenuhi kebutuhan selama sebulan.

Di sini dibutuhkan strategi menabung yang baik agar bisa memberdayakan gaji memenuhi kebutuhan selama 30-31 hari. Trik-trik berikut sangat cocok untuk orang pemboros dan implusif dalam menghabiskan gaji:

  1. Buatlah daftar pengeluaran pasti, terutama pengeluaran rutin bulanan seperti biaya-biaya rumah tangga. Tetapkan tanggal muda sebagai waktu membayar meskipun Anda gajian di tanggal tua.
  2. Jangan lupa buat daftar kebutuhan, apa yang harus dibeli harus menjadi fokus Anda. Bawa dan gunakan checklist ketika belanja, pastikan semua terbeli.
  3. Miliki dua rekening agar dapat membedakan antara uang untuk pengeluaran dan tabungan. Setiap bulan rekening tabungan harus diisi setelah mendapatkan gaji.
  4. Bawa uang tunai saat berbelanja secukupnya saja. Jangan lupa kantongi list barang-barang yang ingin dibeli beserta jumlahnya. List bukan sekadar dibawa, tapi benar-benar dijadikan pegangan berbelanja.
  5. Agar tidak kelimpungan saat butuh duit, terapkan strategi menabung.
  6. Jangan berpikir bahwa Anda kaya saat gajian. Ingat bahwa uang tersebut hanya numpang lewat sebab harus dimasukkan ke pos-pos kebutuhan.
  7. Sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit ataupun berlangganan paylater. Ketika akhir bulan atau awal bulan berikutnya akan datang surat maupun notifikasi tagihan.
  8. Lakukan pemangkasan belanja bulanan dari hal-hal yang kurang urgent.

Strategi Menabung Bagi Orang Boros

Tidak semua orang memiliki kemampuan menyisihkan penghasilannya, tapi hampir semua orang memiliki kemampuan dalam berfoya-foya menghabiskan uang. Bahkan ada orang-orang yang bisa menghabiskan gaji mereka dalam sehari.

Kebiasaan membeli atau berbelanja di toko ritel menjadi salah satu kebiasaan yang kurang baik. Selain itu, kebiasaan belanja online juga membuat gaji Anda perlahan tapi pasti habis sebelum saatnya.

Agar tidak mengalami besar pasak daripada tiang, coba gunakan strategi menabung berikut:

Buat Tujuan Menabung

Ketika seseorang memiliki tujuan yang hendak dicapai, maka perjuangan mencapainya akan dilakukan dengan semangat. Misalnya, Anda ingin membeli barang tertentu, maka kegiatan menyisihkan uang akan dilakukan dengan sukarela.

Tetapkan Jumlah dan Waktu Simpan Uang

Jika Anda memiliki target seperti ini, maka mengisi tabungan akan lebih efektif. Caranya dengan menetapkan tujuan, lalu buat batas waktu untuk mengumpulkan uang beserta jumlahnya.

Contoh simpel, Anda ingin beli laptop seharga 6 juta, lalu menerapkan strategi menabung berbatas waktu 60 hari (2 bulan). Maka dalam satu hari harus menabung sebanyak 100 ribu.

Anggaran Harus Dibuat Beserta Pengelolaan Keuangan yang Baik

Goal adalah hal terpenting sebab akan memberikan fighting spirit untuk berjuang mengapainya. Namun, jangan sampai kebutuhan tidak terpenuhi. Kuncinya di sini adalah memenuhi daftar kebutuhan Anda, kemudian alokasikan uang ke tabungan.

Contoh, biaya transportasi berapa, lalu uang makan, barulah terakhir sisihkan untuk menabung. Jumlah anggarannya harus jelas setiap bulan dan jangan lupa anggarkan sejumlah dana untuk pengeluaran tidak terduga.

Manfaatkan Keberadaan Apk Pencatat Uang Masuk dan Keluar

Strategi menabung berikutnya adalah memanfaatkan aplikasi-aplikasi pencatat keuangan, terutama jika menggunakan smartphone. Banyak yang sudah menggunakannya dan sangat terbantu dalam pencatatan uang keluar masuk.

Pilihan apk sangat bervariasi dan kebanyakan user friendly sehingga tidak perlu repot mempelajarinya. Sebab ada panduan dapat digunakan user. Selain itu, sistem notifikasi juga sangat membantu.

Tabung Uang dengan Trik Terbalik Tanggal

Cara ini sangat efektif membuat Anda memenuhi tabungan secepat mungkin. Coba terapkan sistem tabung mengandalkan tanggal dengan jumlah uang terbalik. Misalnya, tanggal 1 menabung 31 ribu (karena satu bulan 31 hari).

Kemudian, secara berurutan dikurangi nominalnya menjadi tanggal 2 sejumlah 30 ribu, tanggal 3 sebanyak 29 ribu, dan seterusnya, hingga pada tanggal 31 hanya menyisihkan seribu rupiah saja.

Selain efektif, cara ini juga unik sehingga dapat memberikan semangat ketika Anda melakukannya. Coba mulai lakukan dari sekarang dalam setahun uang yang terkumpul akan cukup banyak.

Sering Gagal Nabung? Coba Lakukan Trik Ini

Selain menggunakan strategi menabung yang tepat, ada beberapa tips juga agar kegiatan menabung Anda tidak gagal. Coba lihat beberapa saran dan tips kami berikut ini:

Penuhi Kebutuhan Utama, Kurangi Pengeluaran Lainnya

Salah satu hal yang membuat uang cepat habis adalah pengeluaran yang tidak terlalu perlu atau impulsif. Sebagai contoh kebiasaan nongkrong di kafe atau coffee shop setiap hari.

Meski menyenangkan, tapi kegiatan tersebut kurang bersahabat dengan dompet. Sekali nongkrong bisa habis 50 hingga 100 ribu, dikalikan 30 hari pengeluaran akan sangat banyak. Poin penting di sini adalah mengurangi pengeluaran dari sektor ini.

Belanja dengan Cara Lebih Hemat

Penting untuk mengubah cara belanja agar strategi menabung sukses. Misalnya, dengan membeli kebutuhan di pasar tradisional yang harganya lebih murah atau pilih produk diskonan.

Jangan Berhutang

Agar tidak mengalami permasalahan finansial, sebaiknya kurangi berhutang atau sama sekali tidak berhutang. Terutama menghindari sistem paylater di berbagai platform digital saat ini.

Jika Punya Utang Lunasi Dulu

Kalau Anda punya utang, maka harus dilunasi terlebih dahulu. Sebab utang dapat mengacaukan keuangan Anda dan membuat perencanaan masa depan terganggu. Pastikan melunasi utang atau cicilannya menjadi prioritas utama.

Sebenarnya, semua orang bisa menyisihkan uang untuk disimpan. Triknya adalah niat, kesabaran, punya tujuan, dan memiliki strategi menabung yang baik, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.