Tips Memulai Bisnis Rumahan Anti Gagal untuk Pemula

Tips memulai bisnis berikut ini akan membantu Anda yang ingin membangun karir sendiri di rumah. Usaha rumahan menjadi pilihan paling tepat bagi yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Bukan hanya sebagai sampingan tetapi jika ditekuni hasilnya sangat menjanjikan. Inilah salah satu alasan banyak orang beralih membangun usaha rumahan setelah PHK imbas dari pandemi Covid-19.

Solusi juga bagi lulusan sekolah maupun perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan sesuai impian. Memulai bisnis dari rumah bisa jadi jalan rezeki paling tepat. Anda hanya perlu mengikuti langkah memulai bisnis rumahan yang mudah.

Siapa saja memiliki peluang keberhasilan yang sama jika tahu apa saja syarat menjalankan usaha dengan benar. Berikut ini kami paparkan beberapa tips mudah untuk diterapkan khususnya bagi pemula.

Tips Memulai Bisnis Mulai dari Penentuan Jenis Usaha

Pertama kali Anda harus menentukan jenis usaha. Jika belum mendapatkan inspirasi ide apapun bisa melihat fenomena sekitar. Tidak sulit mendapatkan informasi terkait kebutuhan masyarakat, Anda juga bisa mulai dari langkah berikut ini.

Lakukan survey

Melakukan survey dengan pengamatan pribadi. Bisa secara langsung di lapangan misalnya mempelajari kebutuhan masyarakat sekitar. Atau riset secara online apa yang sedang trend dan diminati banyak kalangan.

Contoh, makanan minuman ala Korea dan Jepang. Saat ini keduanya sedang trend, Anda bisa mengikuti dengan menawarkan produk serupa namun konsepnya berbeda dari sebelumnya.

Maksimalkan 1 peluang

Cara aman memulai bisnis bagi pemula selanjutnya adalah memaksimalkan 1 peluang saja. Jika baru awal memulai tidak direkomendasikan untuk menekuni lebih dari 1 bidang. Misalnya fokus pada bidang kuliner khas Korea.

Meski trend aksesoris dan fashion ala Korea, tidak disarankan menjalankan bisnis bersamaan meski temanya sama. Ini akan mengganggu fokus dalam mengembangkan dan memajukan bisnis.

Sesuaikan modal

Tips memulai bisnis pada penentuan jenis bidang selanjutnya adalah menyesuaikan modal. Sebisa mungkin Anda harus memiliki modal awal yang tidak berasal dari hutang. Lebih ringan dan fleksibel nantinya dalam pengelolaan sekaligus menghindari masalah finansial.

Mempelajari Teknik Administrasi Dasar

Meski pemula Anda perlu mempelajari teknik administrasi dasar. Ini merupakan kunci memulai bisnis rumahan yang penting. Karena Anda belum memiliki karyawan untuk mengurusi semua hal berkaitan dengan pembukuan. Berikut skill dasar yang perlu dipahami.

Mencatat modal awal

Wajib memiliki pemahaman dalam mencatat modal awal. Pisahkan antara modal tetap dan tidak tetap. Modal tetap seperti bangunan tempat produksi dan pemasaran, peralatan memasak dan lainnya. Modal tetap adalah bahan baku serta biaya-biaya.

Mencatat pengeluaran

Pengeluaran yang perlu dicatat adalah pembelian bahan baku, biaya pengolahan jika ada, pembelian peralatan hingga pemasaran. Di awal usaha jumlahnya mungkin tidak banyak jadi masih memungkinkan dilakukan secara mandiri.

Mencatat jumlah barang

Skill dasar administrasi Anda adalah tips memulai bisnis penting dalam mencatat jumlah barang. Berapa yang sudah berhasil diproduksi, jumlah stok, jumlah penjualan setiap bulan. Ini penting untuk menghitung dan menentukan margin.

Terutama bagi produk yang ada masa expired seperti makanan dan minuman. Perlu dibukukan dengan teliti menghindari barang terbuang karena tidak laku dan sudah masuk masa expired.

Membukukan keuntungan

Hasil penjualan setiap bulan perlu dibukukan untuk mengetahui apakah untung atau rugi. Jika ada keuntungan bisa Anda kelola menjadi modal kembali. Sebaliknya apabila rugi, bisa dijadikan sebagai dasar membuat strategi baru, ini tips memulai bisnis yang penting.

Setelah usaha berjalan stabil, Anda bisa membuka lowongan untuk membantu proses administratif ini. Sehingga lebih fokus untuk mengembangkan produk, meningkatkan promosi dan penjualan.

Memilih Jalur Promosi dan Pemasaran paling Tepat

Tips memulai bisnis tidak lepas dari promosi dan pemasaran. Anda bisa menggunakan media online maupun offline secara fleksibel. Supaya cepat laku dan untung, ikuti 3 cara paling efektif berikut ini.

Memanfaatkan inner circle

Inner circle adalah orang-orang paling dekat interaksinya dengan Anda. Bisa keluarga besar, saudara di luar kota, sahabat dekat, teman nongkrong, tetangga dan sebagainya. Konsumen pertama ini cukup efektif dan persentase berhasilnya tinggi.

Dari inner circle promosi akan berjalan sendiri. Mereka akan bercerita ke orang-orang terdekat pengalaman membeli produk Anda. Tips memulai bisnis satu ini cukup membantu penjualan di awal usaha.

Promosi menggunakan sosial media

Memanfaatkan sosial media untuk berjualan online lebih mudah dan cepat. Sekali post produk Anda bisa menjangkau jutaan calon konsumen. Gunakan platform sebanyak mungkin, baik berbayar maupun gratis.

Anda juga bisa memasarkan dengan menjadi rekanan aplikasi ojek online. Selain membantu promosi juga memudahkan dalam pengiriman karena sistemnya pesan antar. Ini sudah menjadi trend di kalangan pebisnis rumahan.

Tips memulai bisnis dengan ikut event bazar

Lakukan branding dengan mengikuti event bazar di kota-kota terdekat. Mengenalkan produk secara langsung akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Calon pembeli bisa melihat sendiri, memegang atau merasakan citarasa yang ditawarkan.

Dari event yang diikuti penjualan bisa didongkrak. Sebab calon pembeli datang sendiri ke lokasi promosi. Cukup gunakan boot unik dan mencolok untuk menarik pembeli. Termasuk memberikan promo diskon.

Mengikuti Perkembangan Trend dan Upgrade Skill

Bisnis yang stagnan akan tenggelam di antara persaingan pemain baru. Maka wajib bagi setiap pelaku usaha baik rumahan maupun industri besar untuk upgrade skill dan mengikuti perkembangan trend. Berikut tips memulai bisnis berkenaan dengan upgrade skill.

Mencari mentor

Mencari mentor usaha untuk membantu peningkatan kemampuan manajerial. Anda bisa belajar pada pebisnis di bidang serupa dan lebih dulu sukses. Pengalaman yang dimiliki orang lain adalah pelajaran paling mudah dijadikan sebagai acuan menentukan strategi.

Ada juga mentor online yang membuka kelas khusus pebisnis pemula. Anda bisa bergabung dan mengikuti setiap meeting yang diadakan. Mentoring semacam ini tentunya berbayar tetapi setimpal dengan peningkatan profesionalitas Anda sebagai pelaku usaha.

Banyak membaca

Membaca adalah proses mengembangkan diri paling mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Jika terkendala biaya atau sarana mengikuti mentoring online, Anda bisa membaca dari update berita setiap hari.

Produk apa yang sedang ramai diminati bisa dipelajari. Contoh, trend usaha sayur dan makanan jadi sistem delivery order. Selama pandemi usaha ini sangat ramai, Anda bisa jadikan itu sebagai ide menjual produk dengan cara serupa.

Bergabung dalam komunitas

Tips memulai bisnis selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas. Setiap kota kecamatan umumnya terdapat komunitas offline. Di media sosial juga banyak komunitas atau group pengusaha.

Anda dapat bergabung dalam komunitas tersebut untuk mendapatkan berbagai fasilitas pendukung. Seperti pendampingan, pelatihan bisnis, info bazar dan sebagainya. Atau sekedar bertukar pikiran dengan sesama pelaku usaha rumahan terhadap suatu permasalahan.

Ada banyak cara mudah yang bisa diterapkan dalam memulai sebuah usaha dari rumah. Anda bisa berimprovisasi sendiri menyesuaikan kondisi dan ketersediaan modal. Tips memulai bisnis ini sebagai pelengkap yang mudah diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.